Minggu, 08 September 2013





 

Sehat dengan    Dua        kaki

Apa yang sebenarnya masyarakat Indonesia alami saat ini? Menurut  banyak ahli kedokteran warga Indonesia kehilangan nyawanya karena disebabkan oleh serangan jantung . Sungguh menabjubkan  650.000   orang meninggal  setiap tahunnya karena penyakut jantung  . Sungguh menakutkan bukan ? Banyak  orang meninggal sia-sia . Padahal ada hal yang sangat mungkin seseorang lakukan agar ia tidak terkena serangan jantung . Hal praktis, murah dan menyehatkan yaitu jalan kaki . Banyak orang yang malas jalan kaki karena panas, capek atau pun  tidak ada waktu . Padahal apabila seseorang tahu tentang seluk beluk manfaat dari jalan kaki maka ia akan sangat menyesal bila tidak melakukannya . Padahal saat pagi hari dimana orang belum banyak melakukan rutinitas hal ini dapat dilakukan . Berjalan  pagi hari di sekitar lingkungan rumah dengan orang terkasih  sangat menyehatkan dan menyenangkan .
Banyak manfaat apabila kita melakukan aktivitas ini seperti terhindar  dari osteoporosis . Yaitu penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Berjalan kaki di pagi hari mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dalam tubuh anda. Dan juga bisa terhindar dari penyakit serangan jantung . Bayangkan apabila jantung anda berhenti sejenak . Apa  yang terjadi ? Serangan jantung sangat berbahaya dan banyak orang diluar sana meninggal karena serangan jantung . Oleh karena itu , banyak orang melakukan sesuatu agar jantungnya tetap sehat . Ada juga dapat berfikir sejenak , apabila seseorang menderita penyakit jantung banyak sekali biaya yang dikeluarkan untuk mengobati penyakitnya . Padahal belum tentu ia akan sembuh total .
Serangan jantung yang datang tiba-tiba disebabkan oleh beberapa factor seperti  tekanan darah yang tinggi . Menurut  para ahli medis seseorang idealnya tekanan darahnya berkisar 180-120 . Selanjutnya juga bisa  disebabkan  oleh konsumssi rokok yang cukup tinggi , karena merokok menyebabkan rusaknya pembuluh darah dan jantung .  Tingkat kolesterol yang tinggi , kelebihan berat badan , stress yang berlebihan , dan juga gaya hidup yang kurang bergerak . Karena Asosiasi  Jantung Amerika  menegaskan bahwa gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat dipastikan menjadi factor utama penyebab serangan jantung .
Sesungguhnya ada hal yang sepele yang dapat kita lakukan yaitu dengan jalan kaki , jalan kaki bisa dilakukan di pagi hari atau pun sore hari . Karena dengan jalan kaki banyak manfaat yang dapat kita petik . Denagn jalan cepat  mampu mencegah penyakit jantung yang mematikan itu . Dengan jalan kaki cepat maka akan  memperderas aliran darah menuju ke dalam koroner jantung . Hal ini sangat baik bagi kinerja jantung , karena otot jantung memerlukan  aliran darah yang lebih deras  dari pembuluh koroner agar  bugar dan berfungsi dalam normal untuk memompakkan darah tanpa henti.  Denagn kondisi yang baik , maka oksigen  yang dibutuhkan jantung akan tercukupi . Jantung pun akan bekerja dengan normal .
Banyak manfaat yang anda dapatkan dari olahrga berjalan kaki. Di balik caranya yang mudah dan biaya yangmurah, jalan kaki berperan penting dalam menjaga kesehatan organ-organ vital anda sehingga anda menjadi pribadi yang sehat luar dalam. Dengan dua kaki kita tetap sehat bukan ? Memang Tuhan telah menciptakan seluruh organ kita agar bermanfaat bagi satu  dengan yang lain . Jalan kaki yang  menyehatkan juga harus diimbangi denagn makanan yang bergizi dan menyehatkan . Karena  tubuh kita sehat  tidak terlepas dari pola makan seseorang itu sendiri . Dengan dua kaki hidup kita akan menjadi menyehatkan ,menyenangkan dan membahagiakan . Karena sekali kita sakit banyak kerugian yang kita peroleh seperti materi dan juga waktu yang terbuang sia-sia . Materi karena kita membutuhkan banyak uang untuk berobat , dan waktu kita akan terbuang sia-sia karena kita saat sakit tidak bisa melakukan rutinitas seperti biasanya bersama  teman dan keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar